MAKNA LAMBANG
- WARNA
HITAM : banyak dipakai dalam
logo yang melambangkan teknologi, kecanggihan, klasik, konservatif.
Warna hitam termasuk salah satu dari warna netral yang hampir dapat
dipastikan cocok dengan warna lain apapun.
Dari penjabaran
diatas warna-warna yang bisa ditemukan pada desain logo dan bagaimana
setiap desainer dan para marketer sudah harus memikirkan warna sejak
pertama kali bekerja dengan mempertimbangkan segala makna dari warna
yang akan dipilih atau tidak akan dipilih. Satu hal yang patut diingat
adalah psikologi warna dan efek emosinalnya terkait erat dengan budaya
dan proses penciptaan dan pencitraanya berubah sepanjang waktu dan
tempat.
BIRU : termasuk salah satu
warna yang paling populer dalam desain logo bahkan hampir 83% orang
mencantumkan warna ini sebagai salah satu warna favorit mereka. Langit
dan lautan yang berwarna biru melambangkan sesuatu yang luas dan tanpa
batas. Biru juga menggambarkan rasa tenang, berwibawa, percaya diri,
kesetiaan dan kesuksesan. Warna ini bahkan dipakai pada hampir semua
logo perusahaan Top 500 Fortune diamerika serikat dan bukan hanya para
pebisnis yang menyukai warna ini, para tokoh super hero seperti
superman, spiderman atau wonder women selalu memakai kostum dengan aksen
biru tersebut.
HIJAU : Warna hijau mewakili
kehidupan, kesegaran, lingkungan hidup dan pembaharuan. Warna hijau
membangkitkan emosi yang menenangkan tetapi juga dapat berarti kurang
pengalaman seperti dalam kiasan “masih hijau”. Akhir-akhir ini warna
hijau kembali dalam panggung trend para desainer dengan slogan eco
friendly dan kembali kealam. Warna hijau ini banyak dipakai dalam desain
brosur, leaflet, x-banner, roll up banner, poster hingga spanduk bagi
perusahaan yang ingin mencitrakan perusahaan mereka sebagai ramah
lingkungan seperti green peace. Banyak unit bisnis yang sekarang mulai
memakai warna hijau ini untuk menarik perhatian pelanggan dalam
meningkatkan penjualan mereka karena meningkatnya kesadaran konsumen
akan pentingnya kelestariaan alam, hidup harmonis dengan alam hingga
berbagai gerakan penghijauan seperti menanam seribu pohon trambesi
bahkan di indonesia kesadaran akan lingkungan ini telah jauh meningkat
dengan terjunnya konglemerasi dalam kegiatan yang berbau pelestarian
lingkungan.
KUNING : Warna ini adalah
warna terkuat setelah merah yang sangat intens sehingga bila dipakai
terlalu banyak akan menimbulkan kelelahan karena itu pakailah warna ini
dengan sangat hati-hati dan seperlunya saja. Warna kuning ini
melambangkan perhatian, keceriaan, bahagian, ingin tahu, senang, positif
dan hangat. Sebagai warna yang cerah dan memiliki daya tarik yang
paling tinggi dibandingkan dengan warna lain maka warna ini sering
dipakai untuk rambu lalu lintas yang melambangkan hati-hati.
PUTIH : Menunjukkan
kedamaian, permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan,
keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan,
cahaya, tak bersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus
untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan
kesederhanaan dan kebersihan. Arti positifnya antara lain: kebaikan,
keadaan tak bersalah, kemurnian, segar, gampang, bersih, sedangkan arti
negatifnya: musim dingin, dingin, jauh . Melambangkan kemurnian dan
kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan
memudahkan refleksi. Namun terlalu banyak warna putih bisa menimbulkan
perasaan dingin, steril, kaku dan terisolir.
ORANGE : Menunjukkan
kehangatan, energy, keseimbangan, kehangatan, antusiasme, persahabatan,
pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya
tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan,
independensi. Pada blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping
itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap
penting. Arti positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan,
keakraban, sukses, sedangkan arti negatif: ketidak-tahuan, melempem.
Punya karakter yang mirip dengan merah tapi lebih feminim dan
bersahabat. Warna yang melambangkan sosialisasi, penuh harapan dan
percaya diri, membangkitkan semangat, vitalitas dan kreatifitas. Dapat
menimbulkan perasaan positif, senang, gembira dan optimis, penuh energi,
bisa mengurangi depresi/perasaan tertekan. Bila berlebihan justru akan
merangsang prilaku hiperaktif.
- BENTUK
BUNGA TERATAI KELOPAK 5 : artinya mampu beradaptasi. Dan berkelopak lima melambangkan falsafah pancasila.
KELUARGA : artinya marilah sama-sama menjaga keberlangsungan hidup sebuah keluarga hingga mencapai tingkat derajat kesehatan yang tinggi. Tempat meluangkan pemikiran, tempat beristirahat dikala selepas kesibukan. Jadikan keluarga sebagai awal peningkatan kesadaran akan pentingnya arti sebuah kesehatan.
LINGKUNGAN : arti penting sehat berawal dari lingkungan. Lingkungan menjadi sasaran penting dalam proses pemberdayaan masyarakat, melindungi dan memberikan pelayanan bagi masyarakat demi tercapainya indonesia sehat, mandiri dan berkeadilan.
LOGO BAKTI HUSADA : bahwa merupakan naungan dari dinas kesehatan provinsi sulawesi selatan.
>>>>selebihnya kami mohon kritik dan sarannya.. ^_^
salam sehat..
FORPENKES SEHATI (Sinergis, Eksistensi, Harmonis, Aktif, Transparan, Inspiratif)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar